Peduli Laut, Siswa SMP Al Irsyad Banyuwangi Belajar Terumbu Karang

Banyuwangi – Siswa-siswi kelas 8 SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi mengadakan kegiatan Outdoor Learning (ODL) yang menarik di Bangsring Underwater Banyuwangi pada Sabtu lalu, 20 Januari 2024. Kegiatan ini memperkenalkan fungsi dan kegunaan terumbu karang serta jenis-jenisnya kepada para siswa, sebagai bagian dari upaya meningkatkan pemahaman mereka tentang lingkungan laut.

Dalam kegiatan ini, seluruh siswa terlihat sangat antusias dan aktif mengikuti petualangan edukatif di luar kelas. Mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru tentang terumbu karang, tetapi juga memperoleh pengalaman berharga tentang cara budidaya terumbu karang untuk menjaga ekosistem laut.

Ketua panitia kegiatan, Ustaz Husnan Arafah, mengungkapkan bahwa kegiatan semacam ini memiliki manfaat besar dalam menanamkan kesadaran lingkungan kepada siswa sejak dini. “Penting untuk memahami betapa pentingnya menjaga dan merawat lingkungan, khususnya di laut. Ketika laut kita rusak, itu akan berdampak pada kita juga,” ujar Ustaz Husnan Arafah. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi awal untuk membangun kesadaran ekologis sejak dini.

Menyadari pentingnya peran siswa dalam menjaga lingkungan, Ustaz Husnan Arafah juga menekankan bahwa kegiatan seperti ini dapat menjadikan mereka sebagai agen perubahan. “Kami berharap para siswa tidak hanya memahami, tetapi juga menjadi pelopor dalam menjaga kelestarian lingkungan laut. Mereka adalah generasi penerus yang harus memiliki kepedulian tinggi terhadap ekosistem laut,” tambahnya.

Diharapkan, keberhasilan kegiatan ODL ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah lain untuk mengadakan kegiatan serupa. “Melalui kegiatan ini, kami ingin menyebarkan semangat untuk menjaga kelestarian lingkungan laut. Lingkungan laut kita membutuhkan perlindungan, dan melalui edukasi, kita dapat menciptakan generasi yang peduli terhadap bumi dan lautnya,” tutup Ustaz Husnan Arafah.

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.

Tinggalkan Balasan