Aksi Mulia PMR, Gelar Donor Darah Bantu Tambah Stok Darah di Banyumas

Purwokerto – Dalam upaya menjaga ketersediaan stok darah yang semakin menipis, Palang Merah Remaja (PMR) Wira Salamander dari SMAIT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengambil peran penting melalui program Donor Darah Sukarela (DORAS). Acara yang berlangsung dengan semangat tinggi ini menjadi bukti nyata komitmen PMR Wira Salamander dalam berkarya dan berbakti kepada masyarakat.

Banyak relawan dari berbagai kalangan yang ikut serta dalam acara ini, termasuk guru, karyawan, peserta didik, dan warga umum, berpartisipasi dalam DORAS yang digelar di lantai satu gedung SMAIT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Ucapan terimakasih dan apresiasi dihaturkan kepada 51 relawan yang mendaftar.

“Sosialisasi mengenai menipisnya stok darah di Kabupaten Banyumas memang telah disampaikan sebelumnya. Dengan banyaknya relawan yang turut serta dalam donor darah ini, kontribusi mereka sungguh berarti. Terimakasih banyak kepada semua relawan,” ucap Surya Galih Snada, salah satu penanggung jawab acara.

Para pendonor yang lolos seleksi dengan kondisi kesehatan yang memenuhi persyaratan langsung mendonorkan darahnya di tempat yang telah disiapkan. Meskipun beberapa peserta tidak dapat lolos seleksi karena beberapa alasan kesehatan, PMR Wira Salamander berharap agar pendonor kembali mendaftar pada kesempatan berikutnya.

DORAS ini diselenggarakan dalam dua tahap. Tahap pertama adalah sosialisasi tentang pentingnya donor darah pada 11 Agustus 2023, yang dihadiri oleh seluruh peserta didik kelas XII. Kemudian, pada 12 Agustus 2023, dilakukan pengambilan darah yang melibatkan seluruh komponen akademik dan masyarakat umum.

Dalam kondisi Kabupaten Banyumas yang mengalami kekurangan stok darah, PMR Wira Salamander berharap bahwa DORAS ini dapat memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat. Mereka ingin mengingatkan bahwa setetes darah pun dapat memberikan harapan bagi orang lain. Selain itu, acara ini juga menjadi wadah pembelajaran bagi anggota PMR Wira Salamander untuk berorganisasi dengan baik dan berperan dalam membantu masyarakat.

Kontributor: Prihyanto

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.