Bersama MPP, Guru PAUD Al Irsyad di Jawa Timur Berlatih Inovasi dalam Pembelajaran Karakter Berbasis IT

Banyuwangi – Semangat inovasi mewarnai pelatihan bertajuk “Penguatan Pembelajaran Karakter dan Inovasi Teknologi” yang diselenggarakan Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah bagi guru PAUD di Jawa Timur.

Digelar selama tiga hari, dari 6 hingga 8 Februari 2024, pelatihan ini menjangkau tiga lokasi berbeda, yaitu Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso. Kegiatan ini sengaja digelar di lokasi berbeda agar menjangkau seluruh guru PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah di lokasi ini. Tampak turut hadir pula para guru dari PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Besuki.

Ustazah Nur Sabiha, S.Ag., Staff MPP Pimpinan Pusat Al Irsyad Al Islamiyyah, hadir sebagai narasumber, mengantarkan materi tentang pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan inovasi pembelajaran di PAUD.

Meningkatkan Kualitas dan Kompetensi Guru

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam mendidik dan mengasah kompetensi mereka dalam menguasai dan memanfaatkan aplikasi yang tersedia untuk memudahkan persiapan media pembelajaran berbasis IT. Tampak dalam kegiatan, para guru mempraktikkan membuat flash card menggunakan aplikasi canva.

“Kami berharap guru-guru PAUD Al Irsyad di Jawa Timur dapat mengembangkan kemampuan dan berkreasi dalam menerapkan pembelajaran berbasis IT,” terang Ustazah Nur Sabiha.

Manfaat Pembelajaran Berbasis IT

Pembelajaran berbasis IT menawarkan segudang manfaat bagi guru dan anak didik. Bagi guru, pembelajaran ini membantu dalam:

  • Menyiapkan media pembelajaran yang menarik dan interaktif.
  • Menghemat waktu dan tenaga dalam proses pembelajaran.
  • Meningkatkan efektivitas pembelajaran.

Sementara bagi anak didik, pembelajaran berbasis IT membantu dalam:

  • Meningkatkan minat belajar.
  • Meningkatkan pemahaman materi.
  • Mengembangkan keterampilan abad ke-21.

Penerapan Profil Pelajar Pancasila

Pelatihan ini juga menekankan pada penerapan Profil Pelajar Pancasila. Yakni, membekali pengetahuan dan strategi untuk mengembangkan karakter anak melalui pembelajaran berbasis IT.

“Menanamkan karakter kepada anak PAUD masih sangat membutuhkan permainan yang menggabungkan gambar, tulisan, dan interaksi sosial dengan teman sebaya,” jelas Ustazah Nur Sabiha.

“Permainan Flash Card yang berisi gambar bertema karakter membantu para siswa memahami perilaku yang ingin ditanamkan, dan kata-kata yang tertulis memperkuat pemahaman tersebut,” tambahnya.

Apresiasi dari Para Kepala Sekolah

Para kepala sekolah PAUD Al Irsyad di Jawa Timur menyambut baik pelatihan ini.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru kami dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD Al Irsyad,” ungkap Fatimah Ba’adil, Kepala PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Jember.

“Semoga dengan pelatihan ini, guru-guru kami dapat lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran yang berkualitas bagi anak-anak,” harap Mutmainnah Radjab., S. Pd., Kepala PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Bondowoso.

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.

Tinggalkan Balasan