Gelar Festival Banyumas: PAUD Al Irsyad Purwokerto Tanamkan Cinta Budaya

Purwokerto – PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menyelenggarakan Puncak Festival Banyumas di Pendopo Wakil Bupati Banyumas pada hari Sabtu, 3 Februari 2024. Acara ini bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan cinta pada budaya lokal Banyumas kepada anak-anak sejak usia dini.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kabid PAUD dan Dikmas Dindik Banyumas, Ibu Dwi Kustantinah, S.H., Pengawas TK Korwilcam Dindik Purwokerto Timur, Bunda PAUD Kecamatan Purwokerto Timur, dan Bunda PAUD Kelurahan Sokanegara.

Kepala PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Ustazah Khusnul Khotimah, S.Si,.S.Pd., menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan rasa cinta dan bangga pada budaya Banyumas sejak dini.

Rangkaian kegiatan dalam Festival Banyumas ini meliputi:

  • Festival Kenthongan dan Lagu Berbahasa Jawa: Anak-anak menampilkan berbagai lagu berbahasa Jawa diiringi musik kenthongan, seperti Padang Wulan, Yen Esuk Sugeng Enjing, Cublak Suweng, Lir-ilir, Kidang Talun, Menthok, dan lagu anak-anak lainnya.
  • Festival Jajanan Banyumas: Anak-anak diajak mencicipi aneka kuliner khas Banyumas yang enak, sehat, dan bergizi, seperti Mendoan, Klepon, Putu, Gethuk, Cenil, Dawet, dan lain sebagainya.
  • Permainan Tradisional: Anak-anak bermain berbagai permainan tradisional di halaman pendopo, seperti Lompat Tali, Engklek, Bakiak, Otok-otok, Gangsing, Dakon, dan lain-lain.
  • Gelar Karya Siswa: Pameran karya siswa dari bahan dasar kain batik dan plastisin, seperti Sandal batik, Celengan, Buku Resep, Miniatur jajanan khas Banyumas, Kaos Batik, Tas Batik, Dompet Batik, dan Bando Batik.

“Alhamdulillah anak-anak senang dan antusias dengan rangkaian kegiatan hari ini. Semoga kegiatan ini menjadikan pengalaman berkesan untuk anak-anak dalam memotivasi mereka untuk cinta Banyumas,” terang Khusnul Khotimah, S.Si,.S.Pd.

Festival Banyumas ini merupakan salah satu upaya PAUD Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dalam melestarikan budaya lokal dan menumbuhkan rasa cinta tanah air pada anak-anak sejak usia dini.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan