Jelang Overseas Ke Saudi Arabia, Santri Minta Doa Restu

Purwokerto – Pada Jumat, 19 Januari 2024, Sakan Putra dan Putri Ma’had Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto menggelar acara Pelepasan Overseas 8 di Masjid Umar bin Khotob dan Masjid ‘Aisyah. Acara ini merupakan bagian dari pamitan sekaligus meminta doa restu kepada ustaz/ ustazah, serta siswa-siswi dari level VII hingga XII.

Sementara itu, santri AABS lainnya juga ikut memberikan doa dan pesan-pesan kepada rekan mereka di level X yang akan berangkat ke Saudi Arabia (Madinah-Mekkah) pada akhir Januari 2024.

Dalam waktu sekitar satu pekan ke depan, santri level X akan pulang ke rumah masing-masing untuk menyiapkan perlengkapan wajib yang dibutuhkan saat mengikuti Program Overseas. Momen libur ini juga dimanfaatkan sebagai waktu pamitan dengan keluarga dan sanak saudara.

Peserta Overseas 8 akan kembali ke AABS bersama orang tua masing-masing untuk mengikuti Haflah Irsal Thalabah, acara pelepasan siswa dengan kehadiran orang tua. Haflah Irsal Thalabah Overseas 8 direncanakan akan berlangsung pada Sabtu, 27 Januari 2023 di AABS Purwokerto.

Tahun ini, Overseas Angkatan 8 mengangkat tema “Antara Kami dan Tanah Perjuangan.” Ini menjadi penting karena untuk pertama kalinya, Program Overseas dilaksanakan di Saudi Arabia (Madinah-Mekkah), yang merupakan Tanah Perjuangan Rasulullah SAW dalam mendakwahkan Islam.

Selama 3 bulan mengikuti kegiatan Overseas, peserta akan fokus belajar tentang Al Quran, bahasa Arab, dan skill hidup di Tanah Perjuangan. Harapannya, kegiatan ini dapat menambah keimanan, pengetahuan, dan pengalaman tentang tempat-tempat bersejarah di zaman nabi, termasuk Historical Tour ke Zaman Rasulullah SAW.

Berikut adalah beberapa program yang akan diikuti oleh peserta Overseas 8 di Saudi Arabia:

  1. Program Al Quran melibatkan hafalan 30 juz bersama Masyayikh dan Syaikhah, tahsin Al Quran, program itqon (penguatan hafalan), dan pengambilan sanad.
  2. Program Bahasa Arab bekerja sama dengan Universitas Islam Madinah (UIM), salah satu perguruan tinggi favorit di Madinah.
  3. Duduk bersama Para Ulama untuk belajar ilmu agama lebih mendalam.
  4. Menjalani ibadah puasa Ramadan di Kota Nabi.
  5. Itikaf di Masjid Nabawi.
  6. Umrah 3 kali di Tanah Suci Mekkah.
  7. Rihlah Tarikhiyyah, yakni tadabur ke tempat sejarah perjuangan para Nabi (Madinah-Mekkah).
  8. Mengunjungi Masjid Nabawi dan Masjid Quba.
  9. Historical Tour ke zaman Rasulullah Saw.
  10. Beribadah di tempat penuh keberkahan, pahala berkali-kali lipat selama 85 hari.

MasyAllah, begitu banyak kesempatan langka yang bisa diperoleh dengan sekolah di AABS Purwokerto. Semoga program Overseas 8 ini memberikan manfaat besar bagi pesertanya dan menjadi ladang amal yang berkelanjutan.

Check Also

Tingkatkan Layanan: SMA IT Al Irsyad Purwokerto Ajak Seluruh Guru Berlatih Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa

SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto berkomitmen untuk membangun kesejahteraan psikologis siswanya. Hal ini dibuktikan dengan diadakannya pelatihan bertajuk “Membangun Kesejahteraan Psikologis Siswa” pada hari Sabtu, 24 Februari 2024.

Tinggalkan Balasan