LAZNAS Al Irsyad Kembali Menggelar Training Sembelih Hewan Kurban 1444 H

Purwokerto – Sebagaimana diberitakan di alirsyadpeduli.org. Menjelang Idul Adha 1444 H berbagai persiapan terus dilakukan LAZNAS Al Irsyad, salah satunya dengan memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya panitia penyembelihan hewan kurban, agar prosesi kurban dapat berjalan baik sesuai dengan syariat. Kurang lebih seratus peserta, mengikuti training sembelih kurban yang menghadirkan pemateri dari DPD Juleha (Juru Sembelih Halal) Banyumas, drh. Doddy  Purwoko, drh. Sariyati dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas, dan Ustadz Ibnu Rochi, Lc dari MUI Banyumas. Training sembelih hewan kurban dilaksanakan bertempat di komplek Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto (Ahad, 18 Juni 2023).

Pada sesi pertama, disampaikan materi sekaligus praktek sembelih hewan kurban dari tim DPD Juleha Banyumas. Pada kesempatan ini narasumber lebih menekankan terkait pemilihan dan pewatan bilah/alat, Teknik handling hewan, dan teknk menyembelih hewan kurban. “Bapak-bapak hewan kurban sendiri disunahkan atau dioptimalkan untuk bisa dihadapkan ke kiblat terutama penyembelihnya. Jadi disini ada berbagai patok utama yang memiliki fungsi masing-masing. Namun yang sangat diupayakan adalah hewan menghadap kiblat dan baringannya kiri. Mau membuat lubang atau bagaimanapun itu opsional tidak ada keharusan, yang baik saat penyembelihan adalah tidak ditutupi daun atau tanpa apapun, karena apa setelah sembelih kita harus tahu apakah empat saluran utama sudah terputus atau belum, saluran itu terdiri dari satu saluran napas, satu salur makan, dan dua saluran darah. Saat sapi sudah berada di lokasi, kita mengambil kaki kiri belakang dulu lalu diikat dan kemudian direbahkan setelah itu kaki depan dua diikat jadi satu dan ditarik ke belakang kemudian semua kaki diikat menjadi satu. Lalu ikatan kepala dilonggarkan dan tarik maksimal kemudian leher hewan ditata sesuai dengan kehendak penyembelih.” Sekilas penjelasan dari DPD Juleha Banyumas.

Sesi selanjutnya disampaikan oleh drh. Doddy  Purwoko, drh. Sariyati dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Banyumas. Dimana mereka menjelaskan tentang tata laksana hewan kurban. Pada sesi terakhir materi dilanjutkan oleh Ustadz Ibnu Rochi, Lc yang menjelaskan fiqh kurban. Dengan memahami fiqh kurban, diharapkan peserta dapat menerapkan kaidah-kaidah kurban sesuai dengan syariat Islam.
Sahabat LAZNAS Al Irsyad, Idul Adha sudah semakin dekat dan ini merupakan kesempatan besar bagi untuk meningkatkan amal kebaikan serta membahagiakan sesama dengan berbagi hewan kurban. Jika sahabat masih bingung untuk berkurban dimana, LAZNAS Al Irsyad siap membantu menyiapkan hewan kurban terbaik dengan berbagai pilihan. Bahagiakan sesama dengan hewan kurban terbaikmu. 

Kami ucapkan Jazzakumullah Khairan Katsiran kepada para dermawan yang telah menyalurkan zakat dan sedekahnya untuk kami Kelola. Semoga Allah SWT menggantinya dengan rizki yang berlipat, Aamiin Yaa Rabbal Allamin. 

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.