LAZNAS Al Irsyad Tebarkan Al-Qur’an Hingga Pelosok Banjarnegara

Banjarnegara – Al-Qur’an, sebagai kitab suci bagi umat Muslim, merupakan pedoman dan sumber inspirasi sehari-hari. Namun, bagaimana jika Al-Qur’an yang seharusnya menjadi panduan setiap hari tak dapat digunakan karena rusak dan kehilangan lembaran halamannya karena usia yang sudah tua? Inilah nasib yang dialami Al-Qur’an milik TPQ Al Ikhlas dusun Wanatawang, Banjarnegara. Namun, sebuah harapan baru telah tiba berkat program tebar Al-Qur’an yang digalang oleh LAZNAS Al Irsyad bekerja sama dengan MPZ Tanggeran.

Pada Rabu, 26 Juli 2023, LAZNAS Al Irsyad bersama MPZ Tanggeran dengan tulus menyalurkan Al-Qur’an, Iqra, dan meja untuk para santri di TPQ Al Ikhlas dusun Wanatawang, Banjarnegara. Penyaluran ini disambut dengan sukacita oleh pengasuh TPQ, Ustadz Samingan, yang merasa terharu dan berterima kasih kepada para donatur yang telah berkontribusi dalam menyediakan Al-Qur’an baru dan fasilitas belajar yang memadai.

“Saya sebagai pengasuh TPQ Al Ikhlas ini mengucapkan banyak terima kasih atas Al-Qur’an, Iqra, dan meja yang telah diberikan. Ini sangat bermanfaat bagi kami karena kadang adik-adik di sini berebut Al-Qur’an atau Iqra karena keterbatasan. Jika ada pun, Al-Qur’an yang kami miliki sudah rusak dan sulit dibaca, terutama bagi anak-anak jaman sekarang. Sekali lagi, terima kasih banyak. Saya sudah bingung berkata-kata karena ini pertama kalinya dusun kami mendapat bantuan Al-Qur’an. Ini sungguh luar biasa,” ujar Ustadz Samingan dengan penuh kebahagiaan.

TPQ Al Ikhlas didirikan pada akhir tahun 2011 berkat kepedulian Ustadz Samingan terhadap anak-anak di dusun Wanatawang. Awalnya, anak-anak hanya datang ke rumah Samingan dan meminta untuk diajari mengaji. Melihat antusiasme anak-anak, Samingan pun mengajak mereka untuk belajar mengaji setiap ba’da Magrib. Di pagi hari, Samingan bekerja sebagai buruh untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun pada malam hari, ia ingin mengisi waktunya dengan kegiatan yang bermanfaat, terutama bersama anak-anak. Inilah yang menjadi motivasi kuat bagi Ustadz Samingan untuk mendirikan TPQ Al Ikhlas.

Awalnya, kegiatan mengaji dan pembelajaran dilakukan di kediaman Samingan karena keterbatasan tempat. Hal ini berlangsung selama hampir dua belas tahun, hingga akhirnya, masyarakat dusun Wanatawang menyatukan semangat dan kesetiakawanan untuk membangun TPQ Al Ikhlas yang baru. Berkat usaha dan dukungan finansial dari wali santri, TPQ Al Ikhlas berhasil dibangun dalam kurun waktu enam bulan.

Kehadiran Al-Qur’an, Iqra, dan meja baru dari LAZNAS Al Irsyad dan MPZ Tanggeran membawa sinar harapan bagi para santri di TPQ Al Ikhlas dusun Wanatawang, Banjarnegara. Mereka kini memiliki sarana yang lebih baik untuk memperdalam ilmu agama dan mengaji dengan lebih nyaman dan lancar. Semoga dengan semangat belajar yang tak pernah padam dan dukungan dari para donatur, TPQ Al Ikhlas terus berkembang dan menjadi tempat yang penuh berkah bagi anak-anak dan masyarakat setempat.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.