Mabit AABS: Satu Malam Memperkuat Ukhuwah Dan Menyongsong Prestasi

Purwokerto – Siswa kelas VIII (delapan) SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) mengambil bagian dalam kegiatan Malam Bina Iman dan Takwa (Mabit) yang diselenggarakan di Masjid Umar bin Khotob pada Sabtu-Ahad, 5-6 Agustus 2023.

Tema dari mabit ini adalah “Satu Malam Memperkuat Ukhuwah dan Menyongsong Prestasi”.

Inisiatif untuk mengadakan program mabit datang dari ustaz Riza Romand Abdalla, S.Pd., wali asrama level delapan. Ini merupakan kali pertama AABS mengadakan program mabit.

Meskipun wajib bagi siswa kelas delapan SMP AABS, program mabit juga terbuka bagi siswa lain yang berminat dan memiliki izin dari wali asrama masing-masing.

Mabit pertama dilaksanakan pada Sabtu dan Ahad, 05-06 Agustus 2023, dimulai pukul 15.00 WIB di Masjid Umar bin Khotob. Kegiatan mabit akan berlanjut dengan jadwal dua pekan sekali.

Diharapkan dengan adanya program mabit ini, semangat siswa kelas delapan dalam menjalankan program ibadah di asrama semakin meningkat.

Ustaz Riza menjelaskan, “Mabit merupakan sarana tarbiyah untuk menenangkan hati, memperdalam pemahaman rohaniah, membersihkan jiwa, dan membiasakan fisik untuk beribadah. Melalui kegiatan ini, siswa diajarkan dan dibina untuk memahami pentingnya keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.”

Lebih lanjut, ustaz Riza menyatakan bahwa program mabit juga bertujuan untuk memperkuat ikatan ukhuwah di antara siswa, walaupun hanya dalam satu malam.

Kegiatan Mabit

Selama mengikuti mabit, siswa terlibat dalam beragam aktivitas keagamaan, seperti salat tahajud, zikir, tafakkur, dan tadabbur.

Misalnya dalam hal ibadah, siswa diajak untuk menjalankan salat lima waktu berjamaah, salat sunah tahajud berjamaah, dan khataman al-Quran.

Tidak hanya itu, peserta mabit juga mendapatkan pelajaran agama melalui menonton film siroh nabawi, muhasabah diri, kajian intelektual seperti “Adab kepada Kedua Orang Tua”, dan doa bersama.

Salat tahajud dilaksanakan di masjid yang berada di kompleks sekolah. Pada mabit pertama, salat tahajud dilakukan di masjid Baiturrohim, Karangtengah, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Check Also

Undang Profesor dari Mesir, 12 Guru Al Irsyad Purwokerto Ikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Arab dan Al Quran, 12 guru dari Sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mengikuti Dauroh Bahasa Arab dan Al Quran Bersanad. Dauroh ini diadakan selama 5 hari, dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2024, di Wisma Holtikultura Baturraden, Purwokerto.