Susun Kurikulum PAUD Al Irsyad, MPP dan PB Wanita Bersinergi

Puncak – Dalam langkah besar menuju peningkatan kualitas pendidikan pra-sekolah, Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Al Irsyad Al Islamiyyah mengukuhkan kemitraan strategisnya dengan Pengurus Besar (PB) Wanita Al Irsyad. Kolaborasi ini terwujud dalam kegiatan Penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), berlangsung selama empat hari di Villa Bukit Badr Megamendung, Puncak, Bogor, mulai 10 hingga 13 Desember 2023.

Para tokoh pendidikan dan ahli kurikulum dari Al Irsyad Al Islamiyyah berkumpul untuk merumuskan kurikulum PAUD yang holistik, sejalan dengan prinsip-prinsip pendidikan Islam. Fokus utamanya adalah perkembangan fisik, mental, dan spiritual anak usia dini.

PB Wanita Al Irsyad turut berperan aktif dalam proses penyusunan kurikulum, memberikan perspektif yang berharga dalam pengelolaan PAUD. Kolaborasi ini menciptakan lingkungan yang inklusif dan memperkaya ide-ide yang tertuang dalam kurikulum.

Keindahan Villa Bukit Badr Megamendung tidak hanya menjadi latar belakang acara, tetapi juga menciptakan suasana yang inspiratif untuk mendiskusikan dan merancang kurikulum yang inovatif. Para peserta tidak hanya terlibat dalam sesi formal, tetapi juga memanfaatkan momen informal saat istirahat untuk berdiskusi lebih mendalam sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Ketua Departemen Pendidikan PB Wanita Al Irsyad Al Islamiyyah, Umi Kulsum, menyatakan, “Dalam penyusunan kurikulum PAUD ini, kami melibatkan kepala sekolah terbaik dari berbagai wilayah Al Irsyad, termasuk Purwokerto, Karawang, Bandung, Cirebon, Baru, dan Madiun.”

Ketua MPP Al Irsyad Al Islamiyyah, Sadikun, menambahkan, “Optimisme kami adalah bahwa kolaborasi ini akan melahirkan kurikulum PAUD yang tidak hanya mencerminkan nilai-nilai Islam tetapi juga memberikan dasar yang kokoh bagi perkembangan anak-anak masa depan. Semoga hasil dari empat hari ini memberikan kontribusi positif yang signifikan untuk pendidikan anak usia dini di Al Irsyad Al Islamiyyah.”

Selain menjadi wadah untuk meningkatkan mutu pendidikan anak usia dini, acara ini dianggap sebagai tonggak sejarah yang menandai komitmen Al Irsyad Al Islamiyyah untuk terus berinovasi dalam menyelenggarakan pendidikan berbasis nilai-nilai Islam, menciptakan terobosan positif dalam dunia pendidikan.

Check Also

Kultum Ramadhan

SMP Al Irsyad Banyuwangi Asah Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Kultum Ramadan

Bulan Ramadan menjadi momen istimewa bagi SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Banyuwangi dalam mengasah kemampuan public speaking siswa. Salah satu upayanya adalah melalui kegiatan Kultum Ramadan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

Tinggalkan Balasan