PC dan Yayasan Tinjau Pelaksanaan SAS dan PAS di SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Lemah Abang

Lemahabang – SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Lemah Abang Kabupaten Cirebon menerima kunjungan langsung dari pimpinan cabang dan pimpinan yayasan ditemani kepala sekolah dalam rangka monitoring dan evaluasi Sumatif Akhir Semester (SAS) dan Penilaian Akhir Semester (PAS). Senin, 4 Desember 2023.

Tampak menyapa para siswa, Ustaz Zaid Al Katiri selaku pengurus Pimpinan Cabang (PC) sekaligus Ketua Yayasan, bersama Ustadz Drs. H. Wawan Siswandi, M.MPd. selaku Ketua Lajnah Pendidikan dan Pengajaran (LPP).

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan ujian dilakukan secara transparan, adil, dan sesuai dengan standar pendidikan yang ditetapkan. Para pimpinan tersebut secara aktif meninjau setiap tahap pelaksanaan ujian, mulai dari ruang ke ruang tes. Mereka menunjukkan ketertarikan khusus terhadap mata pelajaran yang melibatkan tes praktek, sebuah inovasi untuk mengukur lebih dari sekadar pemahaman teori.

Kepala sekolah, Ustaz Anwar Mufasir, S.Pd.SD. menjelaskan tujuan dari pengimplementasian tes praktek. “Tujuannya agar sekolah tidak sekadar mengukur kemampuan teori, namun juga mengukur keterampilan para siswa. Bagaimana peserta didik mengimplementasikan teori-teori yang telah didapat dari pembelajaran bersama para gurunya,” ujarnya.

Beberapa contoh ujian praktik yang dilakukan mencakup praktek sholat jenazah, praktek membasuh najis, praktek bercakap bahasa Arab, praktek berpidato, dan berbagai ujian praktik lainnya. Yang menarik, seluruh dokumentasi pelaksanaan praktik tersebut dapat diakses oleh orang tua siswa melalui link yang telah disebarluaskan melalui berbagai media sosial dan saluran informasi lainnya.

Dengan adanya inovasi ini, diharapkan bahwa orang tua dapat melihat langsung perkembangan dan kemampuan praktik anak-anak mereka. Hal ini juga menjadi langkah menuju pendidikan yang lebih holistik, tidak hanya fokus pada penguasaan teori tetapi juga pada penerapan praktik dalam kehidupan sehari-hari.

Monitoring dan evaluasi ini merupakan bentuk komitmen SDIT Al Irsyad Al Islamiyyah Lemah Abang untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi para siswa.

Check Also

Pelatihan Nasional MPP

Tingkatkan Kualitas Sekolah di Seluruh Indonesia: Al Irsyad Gelar Pelatihan Nasional

Majelis Pendidikan dan Pengajaran (MPP) Pimpinan Pusat (PP) Al Irsyad Al Islamiyyah menggelar Pelatihan Nasional Guru dan Manajemen Sekolah pada 12-15 Juli 2024 di area Al Irsyad Al Islamiyyah Boarding School (AABS) Purwokerto. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dan manajemen sekolah dari berbagai sekolah Al Irsyad Al Islamiyyah se Indonesia.

Tinggalkan Balasan